Sidang Mantan Bupati Pandeglang Ricuh


SUARAPUBLIC - Unjuk rasa ratusan mahasiswa mewarnai Gedung Pengadilan Negeri Pandeglang, Banten, Rabu (27/1) siang. Aksi ini ricuh, karena masssa yang akan masuk ke dalam ruang sidang kasus suap dengan terdakwa mantan Bupati Pandeglang (kini anggota DPR-RI) Dimyati Natakusumah diusir paksa polisi. Mahasiswa tidak mundur melainkan marah.

Mereka kembali mencoba masuk, namun gagal. Kericuhan berhasil diredakan, setelah polisi mengizinkan mahasiswa masuk ke dalam gedung untuk menyaksikan sidang kasus suap dengan terdakwa mantan Bupati Pandeglang Dimyati Natakusumah. Korupsi yangh didkawakan bernilai Rp200 miliar.

Sebelum masuk, mahasiswa diperiksa terlebih dahulu dan dilarang membawa atribut aksi. Demi alasan ketertiban dan keamanan persidangan, mahasiswa hanya diperbolehkan menyaksikan jalannya sidang dari luar ruangan.



Kericuhan ini bukanlah yang pertama. Sidang sebelumnya yang mendudukkan Dimyati di kursi pesakitan juga diwarnai demonstrasi ratusan mahasiswa di depan Gedung Pengadilan Pandeglang, Banten.

Dimyati Natakusumah didakwa jaksa penuntut umum dengan tiga pasal berlapis tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman hukuman paling lama seumur hidup.

Jaksa menilai Dimyati tersama mantan Ketua BPKD Pandeglang terbukti menyuap anggota Dewan periode 2004-2009, untuk melancarakan pinjaman daerah Pemkab Pandeglang ke Bank Jabar Banten senilai Rp200 miliar.(*)




Share this article :
|
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LINTAS GLOBAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger